Live Streaming TV

Senin, 01 Agustus 2011

Umbi Ganyong

Umbi Ganyong

Tanaman ganyong merupakan tanaman asli Amerika Selatan, namun kini tanaman ganyong populer dibudidayakan di Vietnam, Cina, dan bahkan Indonesia (Hermann, 1999). Varietas ganyong yang dibudidayakan di Indonesia ada dua macam yaitu ganyong merah dan ganyong putih. Perbedaan antara kedua varietas tersebut dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Tabel 1. Perbedaan ganyong merah dan ganyong putih
Perbedaan
Ganyong Merah
Ganyong Putih
Warna batang, daun, dan pelepah
Merah atau ungu
Hijau dan sisik umbi kecokelatan
Ukuran batang
Lebih besar dan tinggi
Lebih kecil dan pendek
Ketahanan
Agak tahan terhadap sinar, tidak tahan terhadap kekeringan
Tahan terhadap sinar, tahan terhadap kekeringan
Menghasilkan biji
Sulit
Selalu
Kegunaan umbi
Dimakan segar
Diambil patinya
Sumber: Lingga (1986)

Menurut Kay (1973), biasanya umbi ganyong dipanen pada umur 6-8 bulan. Di Queensland, umbi ganyong dipanen pada umur 6-10 bulan, sedangkan di Hawai pemanenan dilakukan pada umbi berumur 8 bulan. Pemanenan dapat dilakukan di segala musim karena tanaman ganyong merupakan tanaman yang tidak mengenal musim.
Ganyong dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun tinggi serta tahan terhadap berbagai penyakit. Satu hektar lahan bisa menghasilkan ganyong sebanyak 30-60 ton. Jumlah hasil panen ganyong berubah-ubah atau sangat tergantung pada perawatan  tanaman, dan  jenis tanah. Tanaman ganyong tumbuh dari rhizoma yang dapat dipanen setelah 4 bulan penanaman, tetapi pemanenan setelah 8 bulan akan memberikan produktivitas yang tinggi karena rhizoma mengalami perbesaran maksimum (Flach dan Rumawas, 1996).
Menurut Lingga (1986), umbi ganyong merupakan rhizoma yang merupakan batang yang tinggal di dalam tanah. Umbi ganyong tumbuh dalam satu rumpun dan pada rhizomanya terdapat buku-buku yang jelas. Panjang rumpun umbi dapat mencapai 60 cm (Kay, 1973), biasanya panjang umbi 10-15 cm dengan diameternya 5-8,75 cm (Kay, 1973 dan Lingga, 1986). Bagian tengah umbi biasanya tebal dengan kedua ujung dan pangkalnya menyempit dan di bagian permukaan luar umbi tumbuh berkas-berkas sisik dan akar-akar serabut yang tebal. Bentuk umbi tidak selalu sama, demikian pula komposisi kimianya (Lingga, 1986).
Umbi ganyong sangat baik digunakan sebagai sumber karbohidrat untuk penyediaan energi. Hal ini dapat dilihat dari komposisi kimia umbi ganyong pada Tabel 2.

Tabel 2. Kandungan gizi dalam 100 g umbi ganyong
Komponen
Satuan
Jumlah
Kalori
Kal
95
Protein
Gram
1,0
Lemak
Gram
0,1
Karbohidrat
Gram
22,6
Kalsium
Mg
21
Fosfor
Mg
70
Besi
Mg
20
Vitamin B1
Mg
100
Vitamin C
Mg
10
Air
Gram
75
Bahan yang dapat dimakan
%
65
Sumber: Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI (1981)

Ganyong banyak mengandung serat dan zat besi yang lebih tinggi dari umbi kentang (Anonim, 1977). Kadar protein dan karbohidrat umbi ganyong dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kesuburan tanah, iklim, umur panen, dan varietas tanaman. Umbi ganyong mengandung kalsium, fosfor, dan besi. Di dalam tubuh, kalsium berfungsi sebagai bahan pembentuk tulang dan gigi serta dalam proses pembekuan darah. Fosfor merupakan bagian penting inti sel dan mengatur pH darah sedangkan besi berfungsi sebagai pembentuk hemoglobin bagi tubuh.

Sumber:
Anonim. 1977. Ubi-ubian. Lembaga Biologi Nasional. Proyek Sumberdaya Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Bogor.

Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI. 1981. Daftar Komposisi Bahan Makanan. Bhratara Karya Aksara. Jakarta.

Flach, M dan F. Rumawas. 1996. Plant Resources of South East Asia. Backhuys Publisher. London. P. 63-65.

Kay, D.E. 1973.  Root Crops. The Tropical Products Institute, Foreign and Common Wealth Office. London.

Lingga, P., B. Sarwono, F.Rahardi, C.Raharja, J.J. Anfiastini, Rini W., W.H. Apriadji.1986. Bertanam umbi-umbian. Penebar Swadaya. Jakarta.

Hermann, M. 1999. Characterization and Classification of Andean Root and Tuber Crop Variability. Subproject Annual Progress Report. CIP, Lima, Peru. 14p.

4 komentar:

  1. Bismillah, ,. Mf ada yg ign z tanyakn, bagaimana umbi ganyong itu keras atau tdk? tekstur umbi ganyong ini hampir sama dengan umbi tanaman apa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti ubi tapi crunchy teksturnya

      Hapus
  2. Sy mao bertanya..kmn saya bisa memasarkan tanaman ganyong ini dalam partai banyak.thanks

    BalasHapus
  3. perbedaan tepung ganyong putih dan tepung ganyong merah apa?

    BalasHapus